Search

Minggu, 26 Juli 2009

MOBIL BALAP BERBAHAN BAKAR COKLAT

.


London: Mobil berbahan bakar nabati, mungkin Anda telah terbiasa mendengarnya. Tapi bagaimana dengan mobil berbahan bakar ampas cokelat. Barangkali ini terdengar agak aneh. Para ilmuwan dari Universitas Warwick, Inggris, baru-baru ini berhasil menciptakan mobil berbahan bakar sisa makanan yang paling digemari kaum hawa ini. Namun, bahan bakar yang dipakai harus dicampur terlebih dulu dengan minyak sayur dan kemudian diolah menjadi biofuel.

Tidak hanya bahan bakarnya yang unik. Bagian lain dari mobil ini juga unik. Kemudi mobil ini terbuat dari bahan serat wortel dan akar sayuran. Kursi kendaraan berasal dari serat rami halus dan buih minyak kedelai. Sedangkan bodi mobil disebut-sebut terbuat dari serat tumbuhan.

Mobil yang mereka rancang ini baru dapat berjalan dengan kecepatan 96 kilometer per jam. Untuk selanjutnya Mobil ini diharapkan mampu melaju hingga kecepatan 233 km per jam. Dengan bangga, mobil yang diberi nama WorldFirst Formula 3 Racing Car, diklaim sebagai mobil berbahan bakar nabati dan berbahan alam tercepat.

Pemimpin proyek ini, James Meredith, mengatakan mobil ini merupakan bukti memproduksi mobil yang cepat, efisien dan ramah lingkungan merupakan sebuah keniscayaan. Ke depan mobil yang dirancang untuk spesifiasi formula 3 ini, akan ditampilkan pada beberapa seri perlombaan Grand Prix Eropa dan Festival Goodwood di Inggris.(AND/AP)

Sumber:Liputan 6 SCTV

0 comments

Posting Komentar

 

Blog Archive